Formula Produk Hair Tonic

Ada 2 kategori yang termasuk definisihair tonic” yaitu:
  1. Produk pengobatan yang dapat mengatasi berbagai macam masalah pada rambut dan kulit kepala, misalnya: rambut berminyak, ketombe, rambut rontok.
  2. Kondisioner, yang kebanyakan digunakan oleh para wanita, dengan tujuan untuk memperbaiki, mengembalikan dan memelihara kondisi dari rambut. Pada kondisoner biasanya ditambahkan produk pembilas yang bertujuan untuk meluruskan rambut yang kusut sehingga rambut menjadi lebih mudah disisir.

Medicated products (Produk Pengobatan)
Produk pengobatan bertujuan untuk menyembuhkan, mengurangi, mengendalikan fenomena ketidakindahan pada rambut yang disebabkan oleh beberapa abnormalitas dari fungsi kulit kepala. Walaupun produk pengobatan sebelumnya terbuat dari komponen berupa irritant, keratolitik, rubefacient tetapi sekarang produk pengobatan cenderung berupa perawatan untuk mengembalikan rambut ke kondisi normal.

Produk pengobatan dapat mengatasi berbagai macam masalah pada rambut dan kulit kepala, yaitu:
a . Dandruff ( Ketombe )
Ketombe dihasilkan dari kelebihan kulit kepala tanpa tanda klinis berupa inflamasi. Ketombe biasanya diikuti sebuah perkembangbiakan dari beberapa mikroorganisme dan terutamanya berupa sporulasi dari jamur, misal: Pityrosporum ovale karena kulit kepala merupakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan mikroorganisme. Antiketombe biasanya mengandung antimikrobia yang bertujuan untuk mencegah proliferasi (misalnya: derivat 2-pyridine-thiol-N-oxide, benzalkonium, cetyltrymethylammonium, chlorophenol, kompleks PVP-iodine,oxyquinoline dan 5,7-dichloro-8-hydroxyquinoline) dan keratolitik yang berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dengan cara mengangkat kulit mati (misalnya: resorcinol, asam salisilat dan selenium disulfida). Contoh formula antiketombe adalah sebagai berikut:
Item
Jumlah (%)
*Bis (2-pyridyl-1-oxide) disulphide soluble complex
0,15
Champor
0,10
Menthol
0,05
Ethanol
50,00
Water
q.s. to 100
*Magnesium sulphate or calcium chloride complexes

Clear anti-dandruff rinse
Item
Jumlah (%)
Stearyl dimethylbenzylammonium chloride
5,00
Cetyltrimethylammonium chloride
0,25
Tallow amido propylamine oxide         
3,00
Propylene glycol
3,00
Hydroxypropylmethyl cellulose
0,6
Distilled water
q.s. to 100

b. Greasy Hair and Scalp ( Rambut berminyak dan kulit kepala )
Sheborrea dihasilkan dari sekresi sebum yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous yang dapat menyebabkan rambut menjadi tampak berminyak dan menyebabkan rambut menjadi kusut sehingga debu mudah menempel pada rambut. Salah satu cara untuk mengurangi kelebihan sebum adalah dengan menggunakan perawatan oil-repellent  untuk menyimpan komponen lipofobik ke dalam rambut, yang dengan menggunakan campuran hidrofobik dan lipofobik terfluorinasi, (misalnya: CF3(CF2)X(CH2)YZ, dimana Z adalah air atau golongan minyak yang dapat larut seperti anionik, kationik, nonionik atau amfoterik, X=7-11, Y= 0-4). Contoh formulasi yang dapat memperlambat pengeluaran minyak hingga 85 % adalah sebagai berikut:                      
Item
Jumlah (%)
Ethanol
30,0
Water
69,7
Polyoxyethylene polymethylsiloxane
0,1
Perfluorononanoic acid  
0,1
Perfume
0,1

Bahan penyerap minyak dapat digunakan amilum dan silika yang dapat memelihara rambut agar tetap kelihatan bersih dalam waktu yang lebih lama. Bahan penghambat sintesis sebum dapat berupa derivat thiolanediol, polyunsaturated acids , misalnya: eicosa-5:8:11:14-tetraynoic acid, 5-phenylpentadienoic acid, N’-sebacoyl dimethionine. Contoh bahan lain dengan tujuan yang lebih spesifik, yaitu bertujuan untuk berinteraksi dengan androgen sehingga dapat menginduksi sekresi sebum dapat digunakan steroid, atau non steroid antiandrogen seperti flutamide.
Lotion dengan bahan dasar mengandung antioksidan sebagai contoh alkyl gallates, t-butyl hydroxyanisole dapat mencegah perubahan peroksidatif dari sebum pada rambut dan kulit kepala. Agen antimikrobial yang dapat ditambahkan untuk mengurangi atau mengontrol enzim (misal: lipase) sehingga lotion terbebas dari bakteri dan jamur. Aplikasi alkohol 70% (isopropanol alkohol) sebagai hair tonic berfungsi untuk menggantikan lipid kulit kepala pada rambut.

c. Hair loss (Rambut rontok)
Penyebab rambut rontok sangat luas dan biasanya kompleks. Rambut rontok dapat disebabkan oleh sheborrea, ketidakseimbangan hormon, sebuah luka, penyakit infeksi, efek dari beberapa obat, anaemia atau sebuah perawatan dengan menggunakan radiasi, dll. Ada 5 metode yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, yaitu:
- Meningkatkan anagen pertumbuhan rambut.
- Memproduksi folikel baru atau memperbanyak folikel.
- Memperpanjang fase anagen atau memperpendek fase telogen.
- Mencegah atau menunda fase telogen.
- Menginisiasi anagen dalam folikel pada fase telogen.

Pola normal kebotakan pada pria, telah diketahui bahwa ada pemendekan dari siklus rambut. Pada penderita alopecia areata, sebagian besar akar rambut ada dalam fase anagen; rambut rontok dengan berbagai penyebab selama fase anagen dan kulit kepala akan botak selama periode catagen dan telogen, dan rambut baru tumbuh pada fase anagen berikutnya. Jika penyakit tersebut sembuh pada periode kebotakan maka rambut baru yang tumbuh akan sehat sepenuhnya, sebaliknya jika penyakit tersebut tidak sembuh maka rambut akan lambat tumbuh atau rambut menjadi tipis dan akan rontok selama fase anagen. Alopecia areata merupakan penyakit autoimun yang disebabkan kekurangan sel T; penyakit tersebut dapat diobati dengan larutan yang mengandung senyawa yang poten yaitu: klorodinitrobenzen yang dilarutkan di dalam aseton.
     Rambut rontok dapat dikaitkan dengan irigasi yang kurang pada kulit kepala dan sejumlah preparasi direkomendasikan mengandung anti-loss yang didasarkan pada penggunaan zat pengiritasi, rubefacient, zat peningkat yang dapat menimbulkan sejumlah besar darah penyuplai nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan di dalam pertumbuhan dan pembagian sel germinativum pada rambut. Ketidakseimbangan ini mungkin disebabkan oleh kekurangan beberapa nutrisi dan faktor hormon tertentu. Metabolit testosteron yang berupa 5-α-dihydrotestosterone merupakan penyebab utama ketidakseimbangan tersebut, dapat diobati berdasarkan antiandrogen atau quinon dan fenol, yang dapat menginhibisi produksi metabolit tersebut dengan menggunakan enzim α-reduktase.

Formulation of Medicated Hair Tonics
Beberapa komponen pelengkap yang tidak berhubungan direkomendasikan dalam pengguanaan obat penguat rambut. Untuk membuat penguat rambut yang baik semua bahan harus sama-sama dapat menyatu sesuai dengan komposisinya.
Nutrisi penting untuk biosintesis keratin (contoh : vitamin, sulfur yang mengandung asam amino). Faktor pengatur untuk pengeluaran kelenjar sebaceous. Antiseptik untuk mengatur kondisi kulit kepala yang mungkin terganggu dengan pertumbuhan rambut. Kandungan abu untuk mengurangi gatal-gatal.
Proses penumbuhan rambut terjadi relatif lambat, biasanya pada pemakaian pertama, rambut yang rontok akan meningkat, dan efek penumbuhan akan teridentifikasi sebelum pemakaian.
 
a. Stimulating agents
Banyak komponen yang digunakan sebagai pemacu tumbuhnya rambut diambil dari bahan alam, dimana agen iritannya diduga memiliki efek pemacu tumbuhnya rambut. Komponen yang banyak digunakan adalah tingtur chantaride (yang mengandung lakton yang sangat mengiritasi, yaitu cantharidin); tingtur capsicum (mengandung zat sangat pedas, yaitu capsaicin); tingtur jaborandi dengan pilocarpine sebagai zat aktifnya; dan campuran antara arnica dan tingtur quinquina merah. Urginea maritima, ekstrak rhubarb, champor, b-naphthol, pilocarpine, garam quinine, minyak terpentine. Ester dan garam nicotinic acid, rthyl murni, tetrahydrofurfuryl esters, dan pyridoxine nicotinate, telah diklaim sebagai rubefacient dan agen penetrasi. Sedangkan brassidic acid dan 1-citronellol telah diklaim sebagai acanthogen.

b. Sulphur derivatives
Penggunaan asam amino secara topikal dalam penumbuhan rambut telah diteliti oleh Edward. Beliau memberikan radio-labelled methionine (S35) pada kulit babi Guinea, dan menemukan 1% kandungan sulfur dalam rambut, tetapi bila methionine diberikan dalm makanan babi guinea, sulfur yang ditemukan akan lebih banyak 2-5 kalinya.
Graul et al.memberikan radio-labelled sulfur, methionine, dan methionine esters (S35) pada kulit babi guinea dan ditemukan bahwa penyerapan sulfur lebih besar untuk elemen sulfurnya. Hasil tersebut mengindikasikan pentingnya sulfur dan sulfur berisi asam amino dalam pertumbuhan rambut.
Sistein sendiri, walaupun sangat penting pada pertumbuhan normal, namun sangat tidak stabil dan sedang mencoba dibuat untuk mengatasi kekurangan tersebut. Magnesium cysteinate dalam campurannya bersama magnesium dehydroenolate dan garam magnesium pada asam lemak tak jenuh telah diklaim sebagai pemicu tumbuhnya rambut, kulit, dan kuku. Merupakan turunan yang sangat stabil untuk pemberian topikal, dengan ‘protecting group’ untuk melepaskan sistein bebas secara in situ. Sedangkan S-aralkyl dan S- carboxymethyl cysteine sebagai bahan tambahan yang efisien untuk mengurangi kondisi berminyak pada kulit kepala.

c. Tars
Vegetable tars’ dihasilkan dari karbonisasi kayu khusus (seperti tar minyak cemara, cade, pohon aras) telah dibuktikan dalam kasus gatal-gatal, ketombe, dan kulit kepala kering. Antiseptik dan Adstringen, merupakan campuran komplek dari polyphenils, asam dengan berat molekul tinggi atau alkohol, waxes, keton, dan sebagainya.

d. Vitamin
Aksi topikal dari vitamin sangat kontroversial tetapi jumlah komposisinya tergantung pada penggunaannya. Grup vitamin B (B1, B2, B6, dan B12.), vitamin A dan E, ekstrak biji gandum yang mengandung campuran vitamin, disebutkan juga vitamin F yang terdiri dari asam lemak (tak jenuh) essensial, biotin, vitaminic factor seperti p-amino-benzoic-acid, panthenic acid, dan alcohol panthenol, sangat banyak digunakan. Fungsinya sebagai pemacu sintesis sel. Penggunaan cairan amnion dan ekstrak plasenta juga berperan dalam penyedia nutrisi dan elemen pemacu yang sangat penting untung keratinisasi.

e. Miscellaneous material
Sericine (lem sutra) merupakan serine komplek kaya protein yang tercatat dapat memberikan efek penguat dan efek anti-seborrheic.
Senyawa campuran lainnya yang direkomendasikan sebagai pemacu pertumbuhan rambut yaitu kuning telur, ginseng, serum ular, ferulic acid, cholic acid, 4-iodo-3,5-dimethyl-2-cyclohexylphenol, steroids, hydroperoxides, dan komponen silikon organik-chloromethyl silatrane.

f. Contoh formula
Jaborandi Hair Tonic

Item
Jumlah (%)
Tincture of jaborandi
0.5
Tincture of capsicum
0.5
Isopropyl Alcohol
60.0
Salicylic acid        
0.1
Panthenol   
0.2
Distilled water
38.7

1 comments:

thanks gan infonya

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites