Proses Penyulingan Minyak Atsiri


Banyaknya kekayaan hayati Indonesia menjadikan semakin berkembang ide-ide untuk meningkatkan nilai jual produk tanaman terutama tanaman penghasil minyak atsiri (essential oil). Di Indonesia telah dikenal sekitar 40 jenis tanaman penghasil minyak atsiri yang bisa di komersialkan, tapi baru sebagian saja yang telah digunakan sebagai sumber minyak atsiri secara komersil.
Proses untuk mendapatkan minyak atsiri dikenal dengan cara menyuling atau destilasi terhadap tanaman penghasil minyak.
Didunia komersil, metode destilasi/penyulingan minyak atsiri dapat dilakukan dengan 3 cara, antara lain :
  1. Penyulingan dengan sistem rebus (Water Distillation) 
  2. Penyulingan dengan air dan uap (Water and Steam Distillation)
  3. Penyulingan dengan uap langsung (Direct Steam Distillation)
Penerapan penggunaan metode tersebut didasarkan atas beberapa pertimbangan seperti jenis bahan baku tanaman, karakteristik minyak, proses difusi minyak dengan air panas, dekomposisi minyak akibat efek panas, efisiensi produksi dan alasan nilai ekonomis serta efektifitas produksi.
Berikut ini akan saya bahas masing-masing metode penyulingan diatas :

Penyulingan dengan sistem rebus (Water Distillation)
Cara penyulingan dengan sistem ini adalah dengan memasukkan bahan baku, baik yang sudah dilayukan, kering ataupun bahan basah ke dalam ketel penyuling yang telah berisi air kemudian dipanaskan. Uap yang keluar dari ketel dialirkan dengan pipa yang dihubungkan dengan kondensor. Uap yang merupakan campuran uap air dan minyak akan terkondensasi menjadi cair dan ditampung dalam wadah. Selanjutnya cairan minyak dan air tersebut dipisahkan dengan separator pemisah minyak untuk diambil minyaknya saja. Cara ini biasa digunakan untuk menyuling minyak aromaterapi seperti mawar dan melati. Meskipun demikian bunga mawar, melati dan sejenisnya akan lebih cocok dengan sistem enfleurasi, bukan destilasi.
Yang perlu diperhatikan adalah ketel terbuat dari bahan anti karat seperti stainless steel, tembaga atau besi berlapis aluminium.

Penyulingan dengan air dan uap (Water and Steam Distillation)
Penyulingan dengan air dan uap ini biasa dikenal dengan sistem kukus. Cara ini sebenarnya mirip dengan system rebus, hanya saja bahan baku dan air tidak bersinggungan langsung karena dibatasi dengan saringan diatas air.
Cara ini adalah yang paling banyak dilakukan pada dunia industri karena cukup membutuhkan sedikit air sehingga bisa menyingkat waktu proses produksi. Metode kukus ini biasa dilengkapi sistem kohobasi yaitu air kondensat yang keluar dari separator masuk kembali secara otomatis ke dalam ketel agar meminimkan kehilangan air. Bagaimanapun cost produksi juga diperhitungkan dalam aspek komersial. Disisi lain, sistem kukus kohobasi lebih menguntungkan oleh karena terbebas dari proses hidrolisa terhadap komponen minyak atsiri dan proses difusi minyak dengan air panas. Selain itu dekomposisi minyak akibat panas akan lebih baik dibandingkan dengan metode uap langsung (Direct Steam Distillation).
Metode penyulingan dengan sistem kukus ini dapat menghasilkan uap dan panas yang stabil oleh karena tekanan uap yang konstan. Jika Anda membutuhkan alat suling (destilator) berbagai type dan kapasitas sesuai keinginan, bisa pesan disini. Berbagai macam produk minyak atsiri silahkan klik www.minyak-atsiri.com

Penyulingan dengan uap langsung (Direct Steam Distillation)
Pada sistem ini bahan baku tidak kontak langsung dengan air maupun api namun hanya uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak. Prinsip kerja metode ini adalah membuat uap bertekanan tinggi didalam boiler, kemudian uap tersebut dialirkan melalui pipa dan masuk ketel yang berisi bahan baku. Uap yang keluar dari ketel dihubungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang berisi campuran minyak dan air dipisahkan dengan separator yang sesuai berat jenis minyak. Penyulingan dengan metode ini biasa dipakai untuk bahan baku yang membutuhkan tekanan tinggi pada proses pengeluaran minyak dari sel tanaman, misalnya gaharu, cendana, dll.

Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan pada proses destilasi antara lain :

Bahan baku (Raw material)
Pilih bahan baku yang jelas mempunyai randemen minyak tinggi. Pengukuran rendemen minyak dilakukan di laboratorium atau bisa juga dilakukan sendiri dengan alat Stahl Distillation. Jika belum punya alatnya, Anda bisa pesan dengan disini.
Sebelum disuling bahan baku harus dirajang dahulu untuk mempermudah keluarnya minyak yang berada di ruang antar sel dalam jaringan tanaman.
Tentukan juga perlakuan awal raw material, apakah bahan basah, layu atau kering. Ini sangat penting karena setiap bahan baku memerlukan penenangan yang berbeda. Sebagai contoh perlakuan nilam sebaiknya dalam keadaan kering dengan kadar air antara 22-25%. Jika yang masuk ketel adalah nilam basah membutuhkan waktu destilasi lebih lama, akibatnya cost produksi menjadi lebih besar.

Alat Penyulingan
Untuk mendapatkan produk minyak atsiri yang berkualitas, gunakan alat yang tidak bereaksi/menimbulkan kontaminasi terhadap produk minyak. Material yang baik adalah dengan glass/pyrex dan stainless steel. Untuk material glass hanya mampu untuk skala laboratorium, sedang skala industri biasa digunakan stainless steel.
Jenis material stainlees steel mulai dari yang paling bagus antara lain :
  1. Material Pharmaceutical Grade (SUS 316)
  2. Material Food Grade (SUS 314)
  3. Material Mild Mild Steel Galvanized
  4. Material Mild Steel
Untuk keperluan destilasi minyak atsiri biasa digunakan material food grade.
Perlu diperhatikan juga penggunaan jacket ketel atau sekat kalor jika proses penyulingan berada didaerah dingin seperti di pengunungan, ini dimaksudkan agar mengurangi kehilangan kalor panas.
Jangan lupa dipasang juga accessories control dan safety device yang minimal berupa thermometer, manometer tekanan (pressure gauge) dan safety valve untuk alat destilasi yang menggunakan boiler.

Condensor (Pendingin)
Alat ini digunakan untuk kondensasi (mengembunkan) uap yang keluar dari ketel. Prinsip kerja alat adalah merubah fase uap menjadi fase cair karena pertukaran kalor pada pipa pendingin. Pada alat berskala laboratorium bisa menggunakan condensor lurus (liebig), sedang untuk skala industri harus menggunakan kondensor yang lebih besar. Kondensor untuk skala produksi berbahan stainless dalam bentuk pipa spiral agar kontak dengan air pendingin lebih lama dan area perpindahan kalor juga lebih panjang.

Separator (Pemisah Minyak)
Alat ini berfungsi untuk memisahkan minyak atsiri dengan air berdasarkan perbedaan berat jenis. Separator untuk alat suling sistem kukus kohobasi tersedia 2 macam yaitu untuk minyak dengan density (massa jenis) rendah dan minyak density tinggi.

Receiver Tank (Tangki Penampung)
Digunakan untuk menampung minyak atsiri, bisa dari bahan glass atau stainless steel. Untuk bahan glass, gunakan botol gelap agar minyak terhindar dari masuknya sinar matahari langsung sehingga tidak menurunkan grade minyak.

116 comments:

Thanks. This looks good. I'm gonna take a look. My blog about Indonesian spice and jamu is here: www.sharehouse.wordpress.com. I'd like to pop some bunga camodya into the still : ). Where can I shope for one?

saya mau tanya harga Water Distillation perunitnya

Jawaban harga sudah say kirim via email.

harga Direct Steam Distillation dengan material stainlees steel katagori Material Food Grade berapa yaa...

Silahkan kirim email, harga & spec akan saya kirim.

terima kasih, infony berguna sekali. boleh tolong kirimkan harga2 3 jenis alat suling di atas? terima kasih.
email: hass_hasanah@yahoo.com

Harga & spec alat sudah dikirim via email.

saya Budi Widodo, Tinggal di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Melawi, Nanga Pinoh.
saya memerlukan alat penyulingan minyak Gaharu Buaya dengan kapasitas 50 Kg, memakai systim uap langsung serta di lengkapi dengan sparator / alat pemisah minyak dengan air. kemudian alat sthal distillation, bahan ketel terbuat dari stainless steel. mohon dapat di berikan rincian mengenai harga masing-masing alat tersebut. dan bagaimana cara pemesanan serta pembayarannya. atas kesediaannya saya ucapkan terimakasih.
email: budi.widodo8188@yahoo.com
Hp. 081328123888

Harga & Spec alat sudah dikirim via email.

minta brochures lengkap. : 2 kapasitas, 2 system, bahan tangki, bahan bakar. harga .
thanks:
Surya Wibowo
Jl. S.Supriadi no. 69, Malang 65147
JATIM - Indonesia
08881681893
adjissurya31@yahoo.com

mohon dikirim brochures lengkap kapasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 50kg - 100 kg / 2 kapasitas)
b. system direct dam system uap.
* untuk pengggunaan :

1. minyak Dilem.
2. serai.
3. bunga kenanga.
4. Daun/tangkai/bungan cengkih.

* Bahan tangki bawah (STS tahan api )
- bahan bakar : batu bara, gas, kayu.blower.

dikirim ke alamat

Spec teknis alat destilasi sudah dikirim beberapa hari yg lalu.

mohon dikirimkan harga dan spec mesin penyulingan nilam sistem kukus kapasitas 200 kg.... ke alamat email : agan_net@yahoo.com

Spec dan harga alat sudah dikirim via email.

mohon dikirim brochures lengkap kapasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 50kg - 100 kg / 2 kapasitas)
b. system rebus dam system air-uap.
* untuk pengggunaan :

1. bunga kenanga.
2. serai.

* Bahan tangki bawah (STS tahan api )
- bahan bakar : gas, kayu
beserta cara pembayaran dan ongkos kirim
ke email saya Farel_relfa@yahoo.com

saya tanya harga alat penyulingan ketiga diatas dengan kapasitas 50-100 kg ke email farel_relfa@yahoo.com

@ p.farel : spec dan harga alat sudah dirim via email.

Mohon dikirim brosur dan harga lengkap kapasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 50kg - 100 kg / 2 kapasitas)
b. system rebus dam system kukus.
* untuk pengggunaan :
1. bunga mawar/melati
2. bunga kenanga.
3. serai.

* Bahan tangki bawah (STS tahan api )
- bahan bakar : gas, kayu
beserta alamat penampung hasil produksi, cara pembayaran dan ongkos kirim
ke email saya boyoutbaladewa@gmail.com tks

Spec & harga alat sudah saya kirim via email.

mohon dikirim Rancangan/brochures lengkap kapasitas distilasi :
a. 100 kg
b. system direct dam system uap.

* untuk pengggunaan :

1. Mawar & Melati
2. Sedap Malam
3. bunga kenanga.
4. Daun2an Beraroma.

* Bahan tangki bawah (STS tahan api )Standart MPG atau MFG.
* Alat mohon disertai pengontrol temperatur.
* bahan bakar : LPG,batu bara, kayu.blower.
* Waktu perakitan berapa lama untuk pesan 2 Unit.

Mohon dikirim ke email savety2010@gmail.com

Terimakasih sebelumnya.

Brosur spec alat sudah dikirim via email.

pak minta bosur yang lengkap y..asap..
ayu
B2P2VRP
jl hasanudin Salatiga
085742739449
ayoe_chayanx@yahoo.com
thx

@ Bu Ayu: Spec alat sudah dikirim via email.

Mohon dikirim penawaran harga lengkap dengan brochures apasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 50kg - 100 kg / 2 kapasitas)
b. system rebus dam system direct

Untuk penggunaan :

1. bunga kenanga
2. nilam

* Bahan tangki bawah (SS )
- bahan bakar : gas, kayu
beserta cara pembayaran dan ongkos kirim
ke email saya : bambangpram@yahoo.com

@ P.Bambang : Spec alat sudah dikirim via email.

Salam...,

Saya juga ingin melakukan proses sulingan bonjol (ketuat) kijang jantan. Berapakah sukatan airnya dan bolehkah air sulingan itu boleh diminum?...

Jika dg sistem rebus, bahan baku terendam. Dg sistem kukus, jumlah air hingga batas saringan bahan. Air sulingan tidak mengandung mineral, sebaiknya tidak diminum.

saya sangat tertarik dengan proses pembuatan minyak atsiri khususnya jahe. Karena saya awan dalam hal ini, mohon informasi tentang prosesnya, alat yang dibutuhkan agar kualitasnya bagus dengan kost produksi yang murah, serta harga alat alat yang dibutuhkan tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Himawan/karanganyar/hima7an@gmail.com

Tolong kirimkan spec harga untuk penyulingan gaharu hingga menghasilkan minyak terbaik,serta komposisi bahan dan air untuk beban 50 kg dan 100 kg ke alamat email hanspeter9077@yahoo.co.id thanks

tolong kirimkan ke saya spec harga tuk alat penyulingan gaharu hingga menghasilkan minyak terbaik,untuk kapasitas 50 kg dan 100 kg serta komposisi bahan dan air yang di perlukan untuk proses tersebut ke alamat dewoprasetyo07@gmail.yahoo.com thanks bantuannya

TERIMAKASIH BANGET BUAT INFORMASINYA
BERGUNA SEKALI...

mohon info mesin suling dengan kapasitas 10kg untuk penyulingan minyak sirih serta komposisi bahan dan air yg dibutuhkan, informasi bisa diemail ke: yn_2886@yahoo.com
untuk infonya saya ucapkan terima kasih

selamat siang pak, saya juga tolong dikirim spec harganya untuk gaharu dengan kapasitas 10 kg dl, sbab menyesuaikan bahan baku yang ada, thanks..
ryanreds@ymail.com

Spec dan harga alat sudah dikirim via email.

Mohon kirim spec dan harga unt nilam dengan kapasitas 100 dan 200 kg daun
terimakasih



edi.ardono@yahoo.co.id

SAYA TERTARIK UTK PRODUKSI MINYAK JAHE,TP SAYA MASIH SANGAT AWAM. TOLONG INFO PROSES PRODUKSI,MARKETNYA SERTA HARGA ALAT YANG DIBUTUHKAN. KPSITAS 25& 50 KG. TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA. SEHATAGRO@YAHOO.CO.ID

mohon kirimkan specs dan harga semua unitnya


Rudi sumarna
rudi_sum@yahoo.co.id

pak saya ingin membuat minyak jinten >>> harganya berapa alat detilasinya>>> trima kasih

ramzi_sinan@yahoo.com

Minyak jinten dengan metode ekstraksi/press, bukan destilasi. Harga alat bisa dilihat di www.farizlab.indonetwork.co.id

saya mau tanya, alat apa yg cocok utk meproduksi minyak mawar dan melati. juga daun dan batang cengkih.

klo ada mohon dikirimkan spec nya yg ukuran 100kg ke bawah beserta harga dan juga spec dan harga alat utk mengetes kualitas nya ya pak. ini email saya:

apriano1975@gmail.com

terima kasih
Apriano

Mawar & melati menggunakan metode ekstraksi enfleurasi, bukan destilasi. Sedang daun/gagang cengkih tetap pakai destilasi. Spec & harga saya kirim ke email.

saya minta info / brosur , dimensi alat2 beserta harganya.tsb untuk daun cengkeh.
tks
gusman_ps06@plasa.com

Saya tertarik untuk produksi minyak jahe & minyak sirih,tolong beri info harga alat suling kukus kaps 200 ltr,berikut spec bahan & dimensi alat,serta sistim pbayaran.trims. MANANGNARA@YAHOO.COM

Spec alat sudah dikirim via email.

Boleh minta info mengenai spesifikasi alat beserta harganya untuk penyulingan kapasitas 50 kg mint, berikut sistem pembayaran dan historis pembuatan sebelumnya untuk produksi minyak tsb. Dapat dimail ke alamat saya: valkyrie.mission@gmail.com
Trims,

@ P.Andrew, spec & harga alat sudah dikirim via email.

sistem kukus kapasitas 100kg (utk jahe basah & kering) berapa biaya yg harus dikeluarkan.. material food grade stainless 304.. krim ke boen_owner@yahoo.co.id

Spec alat dan harga sudah dikirim via email.

saya mau menyuling minyak sirih dan sereh dapur.. bisa minta speck alat penyulingan yang bagus bwt kedua jenis itu? klo yang untuk kapasitas 10 kg berapa? iwoxx@yahoo.com

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

mohom informasinya, penyulingan gaharu d seputar jawa tengah.saya punya gaharu asal sumatera selatan yg mau dijual barang kali dari konsumen bapak ada yg memerlukan untuk bahan penyulingan..Terimakasih email:edsoftku@gmail.com, hp:0812 7378 2328

salam kenal LANSIDA

saya berniat utk mengembankan usaha minyak atsiri [ minyak serai dan minyak pala ], oleh krn itu mohon info tentang :
1. alat penyulingan dgn kapasitas 100 kg bahan baku, bai dlm kondisi second maupun baru?
2. potensi pasarnya, maksudnya adalah kemana hasil produk tsb saya harus jual?

mohon info by email ke : adysofyan88@gmail.com

Mohon dikirim penawaran harga lengkap dengan brochures apasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 30kg )
b. system rebus dam system direct

Untuk penggunaan :

1. bunga kenanga
2. nilam

* Bahan tangki bawah (SS )
- bahan bakar : gas, kayu dan listrik
beserta cara pembayaran dan ongkos kirim
ke email saya : c.simanjorang@gmail.com

seelamat siang.salam hormat, tolong di kirimkan spec harganya untuk gaharu dengan kapasitas 10kg.karna bahan baku gaharu saya sangat terbatas,terimakasih
thata_1981@yahoo.com

Salam kenal.. mohon dikirim daftar harga alat distilasi water, steam - water dan vapour plus kapasitasnya ya...yg lengkap ke email saya: triliz08@gmail.com. saya tertarik pada minyak atsiri ini, akan memesan alat kalau harga cocok. rencana untuk minyak kayu manis. mohon info alat distilasi apa yang cocok sekitar untuk 100 liter? terima kasih...

klo kecombrang gimana bwd atsiri.a ?
diekstraksi pake apa yg pling pas metode.a ?
spec alat & harga..thx.
Leandrea_3na@yahoo.com

Mohon dikirim penawaran harga lengkap dengan brochures apasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 30kg )
b. system rebus dam system direct

Untuk penggunaan :

1. bunga kenanga
2. nilam

* Bahan tangki bawah (SS )
- bahan bakar : gas, kayu dan listrik
beserta cara pembayaran dan ongkos kirim
ke email saya :agungeka_1986@yahoo.com

saya tertarik dengan alat2 nya, mau tanya apa ada agen penjualan yang di Jawa Timur, karena posisi saya di Sidoardjo ?
ariawanp@

@P.Ariawan: Maaf Pak kami belum buka cabang.

Mohon dikirim penawaran harga lengkap dengan brochures apasitas distilasi :
a. ( Kapasitas 30 kg - 100 Kg)
b. system rebus dam system direct

Untuk penggunaan :

1. kemiri
2. coklat

* Bahan tangki bawah (SS )
- bahan bakar : gas, kayu dan listrik
beserta cara pembayaran dan ongkos kirim.

Gimana prospek usaha atsiri, jenis Atsiri apa yang pasar bagus dan menguntungkan, apa bisa kirimkan alamat / dimana pemasarannya, kirim ke email saya, husainiabduh@yahoo.com, trims,

sistem kukus kapasitas 100kg sama 200kg (untuk jahe dan kencur) biaya yang harus kita keluarkan...material food grade stainless 304...kirim ke Andi.karunia76@yahoo.com

mohon dikirimkan penawaran harga utk Water steam distilation & Direct steam distillation berikut spec nya, thanks
flyfinn2008@gmail.com

saya cukup tertarik dengan penjelasan di atas. Informasi yang sangat berguna.
Untuk itu saya pingin mencoba. tolong dikirmkan brosur spek semua jenis alat yang ditawarkan. Mohon juga dicantumkan harganya. Dan bila instalasi di daerah bagaimana?
mohon jawabannya ke email saya flyniel@gmail.com

pak, kl penyulingan CLO dengan sistem boiler, prosedur yg benar bagaimana seh pak (supaya rendemen tinggi)?
- tunggu tekanan boiler 0,5 bar..buka kran ke ketel bahan..buka kran dr ketel ke kondensor..setelah tekanan habis, tutup semua kran, lalu usahakan lg tekanan boiler 0,5 bar
- tunggu tekanan boiler 0,5 bar..buka kran ke ketel "sedikit"...buka kran dr ketel ke kondensor sedikit...usahakan tekanan di boiler ttp bertahan 0,5 bar
- tunggu tekanan bolier 0,5 bar..buka "full" kran ke ketel..atur kran dr ketel ke kondensor,supaya tekanan boiler ttp 0,5 bar....

mohon pencerahan nya pak...terima kasih

saya butuh mesin suling untuk buah pala... kiranya mesin suling type apa yang cocok? dan harga untuk skala rumahan kira2 berapa yak? tlg di email ke wirapratama1 at rocketmail dot com terimakasih

Saya usaha ekstrksi mnyak pala dan nilam..utk saat ini harga nilam yg saya jual dihargai sngat rndah karna PA nya sngat rndah..untk pngmbngan bisnis saya mencrari baik persnal maupun prusahaan yg mau menjdi konsultan di usaha saya..yg berminat tlng email di..apis_uddin@yahoo.co.id

Selamat Siang Bapak.
Pak mohon dikirim Rancangan/brochures lengkap kapasitas distilasi :
a. 50 Kg dan 100 kg
b. system direct dan system uap.

* untuk pengggunaan :

1. Nilam
2. Cengkeh.
3. Daun2an Beraroma.

* Bahan tangki bawah (STS tahan api )Standart MPG atau MFG.
* Alat mohon disertai pengontrol temperatur.
* bahan bakar : LPG,batu bara, kayu.blower.
* Waktu perakitan berapa lama untuk pesan 1 Unit.

Mohon dikirim ke email furyyogapradana@gmail.com

Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya

Yoga

Pak utk water steam and distilation daya tampung yg pling kcil kra' 25 kg ad gak yach....??? Kra' utk hrg yg pling trkcil smpai bsr brp ? Tlng infokn alat ' yg mna sja yg brhubungn utk hasil pnyulingn yg smpurna utk usaha rmhn tpi hrg alat yg ekonomis tpi kwalitas trbaik,tlng e-mailkn k diahanggraeni10@gmail.com,mksih.......slm sukses sll....

mohon info spec dan harga peralatan utk pengolahan akar wangi, melati, dan mawar pak.

@P.Furi & diah anggraeni: Spec & harga alat sudah saya kirim.

Terimakasi atas informasinya, mohon pencerahan mengenai alat-alat untuk penyulingan kayu gaharu yang ekonomis dan efisien.

heru.batok@gmail.com

@furi; @diahanggraeni : spec sudah saya kirim via email.
@chenia: info akan saya kirim via email, silahkan tulis alamat email.

pak mohon infokan alat penyulingan minyak atsiri lengkap yg pas untuk skala rumahan berikut harganya..sya ingin mencoba menyuling minyak sirih dengan kapasitas tampung 100kg..
trima kasih..

anzsistha@gmail.com

pak minta tolong dikirim harga dan spesifikasi untuk alat-alat pembuatan minyak atsiri. trims

Silahkan tulis alamat email pak.

Terimakasih,informasi anda sangat bermanfaat sekali

mau naya pak..metode-metode yg digunakan untuk menganalisis kadar eugenol dari minyak daun cengkeh selain menggunakan menggunakan GCMS ada ga pak ?
alamat email saya : ridhomirfizan@yahoo.com
terimakasih pak

@ Ridho: Selain GCMS bisa dengan GC saja, atau dengan labu cassia yang lebih murah.

GC dan labu casia kata pebimbing saya itu blh dilakukkan tp apakah msh ada metode-metode yg lain pak ?seperti perhitungan kadar eugenolnya, titrasi, gravimetri ? mohon pencerahannya pak.. :)

Metode yang saya tahu hanya GC, TLC dan labu cassia. Metode titrasi tidak ada indikatornya, grafimetri: tidak ada reagent pengendapnya.Eugenol hanya bisa dikomplekskan dengan basa (NaOH/KOH) menjadi basa eugenolat.

mohon informasi harga dan spesifikasi/kapasitas untuk alat penyulingan bunga (mawar, melati, kenanga dll) yang paling efisien,
akhmadkalwani@yahoo.co.id
Terimakasih

Saya tertarik mohon informasi harga dan spesifikasi/kapasitas untuk alat penyulingan bunga (mawar, melati, jeruk purut,daun sirih dll) yang paling cocok utk bahan tsb.
slamet.suryadi85@yahoo.com
Terimakasih

@Pak Slamet: Info spec & harga sudah dikirim via email.

Dengan hormat,

mohon dikirimkan brosur spec mesin dan harga dan lama pembuatan untuk alat penyulingan dengan kapasitas 200kg ke garamond10002000@yahoo.com

Terima kasih.

salam kenal pak usman....

tolong di kirimkan speck barang dan harga mesin destilasi ini ke alamat email saya : pwellmart@yahoo.com

terima kasih

salam kenal pak..
saya tertarik pada mesin penyulingan ini. bisa dikirimkan harga serta spec nya pak ke :
m.adi.tj@hotmail.com
thank you

Mohon dikirim info spesifikasi dan harga.
Tekad_pangestu@yahoo.com

mohon kirim jg spec harga alat komplit skala home industri untuk membuat minyak jinten hitam ke nagakresna@yahoo.com trimakasih

kalau kapasitas 100 kilo berapa harganya dan spesifikasinya gimana
tolong kirim ke email saya : agussakti2k@gmail.com
terima kasih

mohon kiranya dapat dikirimkan spek serta harga untuk alat penyulingan ke email : andi090515@yahoo.com
Terima Kasih

Salam kenal pak
Saya mw bikin penyulingan Minyak kemiri dan cengkeh
Mohon dikirimkan perkiraan harga dan katalognya ke email

g_chaser7@yahoo.com

makasih

assalamu alaikum wr. Wb. Salam kenal pak usman, saya pak simbolon asal medan, ingin menanyakan perihal jenis alat suling kukus dan steam langsung dengan kapasitas 50 atau 100 kg di lengkapi dengan alat pemutar bahan dalam ketel serta alat pemisah minyak atsiri di gunakan utk bahan baku jahe. Mohon kira nya bpk mengirim spek berikut harga nya. Jika tidak keberatan bisa email ke saya bgspii@hotmail.com. Sukron sebelum nya. Wassalamu alaikum wr. Wb.

Yayan
saya mau taya kala penyulingan daun eucalyptus apa daunya harus dilayukan dulu atau harus sampaikering ? trimks

Saya kepingin sekali usaha atsiri jahe,tapi saya masih sangat awan sekali.tolong infonya,proses produksi,penjualan minyk dmana serta biaya untuk alat produksi untk kapasitas 25/30/50/100/200kg.terimakasih atas bantuanya..LottoNglongop@gmail.com

Daun cukup dilayukan saja. Dikeringkan juga lebig baik selama memperhatikan proses pengeringan misal tidak dijemur dibawah sinar matahari langsung & tidak dioven pada suhu tinggi.

saya juga minta spec dan brosournya
simplisia89@ymail.com

@All: Spec & harga sudah dikirim via email. Thanks.

tolong kirimkan harga mesin ke imad_uddin1@yahoo.com terimakasih

Tolong juga dikirimi spec & harga, terimakasih...

antonar00@gmail.com

mohon dikirim Rancangan/brochures lengkap kapasitas :
a. Skala Rumah
b. Bisa Kukus&Rebus
c. Ada tempat untuk termometer

* untuk pengggunaan :

1. Mawar & Melati
2. Kamboja
3. Bunga kenanga.
4. Daun2an Beraroma
5. Jahe

Hendra Bima
Jatiwaringin-Pondok Gede (Bekasi)
hendra_bima2000@yahoo.com
081282993897

1.mohon info alat dan harga penyulingan lengkap kapasitas 100kg
2.apakah 1 alat bisa di pakai untuk beberapa penyulingan? misal suling nilam, cengkeh, pala memakai satu alat begantian
erlanjadul@yahoo.com

mohon maaf bisa minta info lama kadaluarsa minyak atsiri daun jeruk nipis ?
saya kemarin sudah pesan dan sudah dikrim bulan september dan saya membutuhkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsanya, mauidhotul_h@yahoo.com terimakasih

mohon diinfokan alat dan harga penyulingan lengkap untuk skala home industri,
untuk
1. Mawar & Melati
2. Kamboja
3. Bunga kenanga.
4. bunga tanjung
5. Daun2an Beraroma
6. Jahe
ke email eldina@tdmrc.org

Terima kasih

Info spec & harga sudah dikirim via email. Terimakasih.

bisa dikirimkan info spec dan harga via email irwan_loa@yahoo.com. thanks

Bisa berikan informasi harga dan spec alat separatornya Pak?
Terima kasih

Maaf Pak separator tidak dijual terpisah.

tolong saya minta dikirimkan spek dan price list untuk semua perlatan distilasinya.

email : chandra.clinoclase@yahoo.co.id
saya tunggu...
terima kasih

Saya Anto,mohon dikirimkan daftar harga alat destilasinya, lengkap dgn spec.nya dan buku buku tentang home industri essential oil ini, dengan perhitungan secara ekonomisnya., mohon bisa dikirimkan ke email wang_lie18@yahoo.co.id , terimakasih

@ P. Chandra & P. Anto : permintaan sudah dikirim ke alamat email.

Mohon kirimkan daftar harga serta gambar alat penyulingan gaharu ke algazalialbasyit@gmail.com... makasih...

selamat sore pak, mau tanya, untuk penyulingan sereh wangi dan bunga kamboja, alat yang cocok apa ya pak?
tolong kirim brosur spec dan harga untuk alat penyulingan kedua bahan tersebut dengan kapasitas 10kg
terimakasih pak

isya.nurhida@yahoo.com

mohon diinfokan alat dan harga penyulingan lengkap untuk skala home industri,
untuk
1. Mawar & Melati
2. Kamboja
3. Bunga kenanga.
4. bunga tanjung
5. Daun2an Beraroma

kirim ke email saya : nengahkarba@yahoo.com
Terimakasih

@ Pak nengah: Spec alat sudah dikirim via email.

Saya minta daftar harga untuk alat penyulingan minyak melati. Mohon dikirim ke email: hamidkrandon@yahoo.co.id

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites