Ekstraksi Padat Cair

Ekstraksi padat-cair merupakan prosedur yang paling sering dijumpai dalam ekstraksi senyawa dari bentuk sediaan padat seperti analisis sediaan tablet. Prosedur ini merupakan prosedur yang sederhana karena melibatkan pemilihan pelarut atau gabungan pelarut yang idealnya akan melarutkan senyawa yang akan dianalisis secara sempurna dan hanya sedikit melarutkan senyawa lain yang akan mengganggu analisis lebih lanjut (misalkan akan mengganggu pemisahan pada kromatografi).
Kebanyakan prosedur ekstraksi padat-cair dilakukan dengan terlebih dahulu menggerus matriks padat hingga diperoleh serbuk yang halus dan dilanjutkan dengan ekstraksi pelarut, penyaringan, atau sentrifugasi untuk menghilangkan partikulat.
Adanya partikulat dari matriks sampel yang mungkin terbawa selama proses penyiapan sampel harus dihilangkan sebelum dilakukan analisis dengan kromatografi, baik kromatografi gas (GC) ataupun kromatografi cair kinerja tinggi (HPLC). Adanya partikulat yang ikut masuk ke dalam kolom kromatografi cair akan menyebabkan tekanan balik sistem kromatografi meningkat yang selanjutnya akan berpengaruh pada menurunnya kinerja kolom. Salah satu cara yang efektif untuk menghindari hal ini, caranya dengan melewatkan larutan yang akan dilakukan kromatografi melalui penyaring 0,45 mikron.

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites